Ekonomi

6 Cara Mengatasi Tantangan Ekonomi Global Oleh Pemerintah

6 Cara Mengatasi Tantangan Ekonomi Global Oleh Pemerintah

Pemerintah Indonesia belum lama ini mengungkapkan bahwa tantangan ekonomi global di tahun 2024 masih terus ketidakpastian. Belum lagi berbagai permasalahan yang mengganggu perekonomian.

Susiwijono Moegiarso, selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, bahwa terdapat beberapa aspek yang menahan lajunya perekonomian Global pada tahun 2024.

Dimulai dari pengaruh Geopolitik hingga kebijakan moneter. Pemerintah Indonesia tentu saja tidak tinggal diam mengenai hal tersebut. Segala tantangan ekonomi global harus dihadapi dan berusaha untuk bertahan. Begini kebijakan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut.

Perekonomian Global Hingga Saat Ini

6 Cara Mengatasi Tantangan Ekonomi Global Oleh Pemerintah

Pada tahun 2022, perekonomian global memang mengalami masa-masa yang cukup kelam setelah kita menghadapi pendemi yang cukup parah selama 3 tahun. Kemudian di tahun 2023, kita mendapat bayang-bayang adanya resesi yang akan membuat negara mengalami kesulitan dalam mengatur perekonomiannya.

Lalu, bagaimana dengan tantangan ekonomi global di tahun 2024 ini? Untuk membahas ini, bahkan tiga lembaga dunia telah menerbitkan beberapa perkiraan pertumbuhan ekonomi Global dan Indonesia pada tahun 2024.Ada 3 Lembaga dunia yaitu Dana Moneter Internasional (IMF),Bank Dunia , Organisasi Kerjasama Pembangunan Ekonomi (OECD).

Lalu, apa saja hal yang menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi 2024 bisa terhambat? Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu :

  • ¬†Kondisi lemah dari China, di mana negara bambu tersebut terkenal sebagai penggerak ekonomi Asia.
  • Masalah lainnya ada melandainya harga pada komoditas yang mempengaruhi kinerja eksport. Itu terjadi di sejumlah negara.
  • Kemudian ada masalah terkait krisis pangan, serta suhu politik dunia masih sangat panas untuk tahun ini.

Menteri Keuangan Indonesia, yaitu Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa tantangan ekonomi global 2024 masih seputar geopolitik dan siklus politik. Ini tidak akan turun dengan mudah. Sri Mulyani juga menambahkan bahwa kurang lebih ada 74 negara yang akan mengadakan pemilu.

Indonesia juga akan menyelenggarakan tanggal 14 Februari. Tapi meski begitu, ternyata tiga lembaga dunia yang mengamati perekonomian global mengungkapkan, bahwa di tahun 2024 pertumbuhan perekonomian Indonesia masih akan stabil.

Cara Mengatasi Tantangan Ekonomi Global dengan Kebijakan Terbaik

Dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi global, pemerintah memiliki caranya tersendiri untuk menghadapinya, yaitu dengan cara :

1. Melakukan Stimulus Ekonomi

Indonesia ingin pertumbuhan ekonomi di dalam negeri semakin baik. Itulah mengapa pemerintah ingin melakukan stimulus ekonomi dengan beberapa kebijakan yang diadakannya.

Kebijakan yang diadakan pemerintah agar stimulus ekonomi terjadi yaitu dengan mengadakan kebijakan fiskal, contohnya pajak, insentif investasi, pengeluaran pemerintah untuk proyek infrastruktur.

2. Mempersiapkan SDM dalam Negeri Terbaik

Selain itu, pemerintah juga perlu mempersiapkan SDM terbaik agar masyarakat Indonesia bisa menghadapi setiap tantangan ekonomi global. Bagaimana dalam mempersiapkannya?

  • Meningkatkan sistem pendidikan dan menuntut masyarakat untuk terus belajar
  • Masyarakat harus meningkatkan ketrampilan soft skills
  • Kesehatan perlu ditingkatkan
  • Masyarakat perlu mengembangkan jaringan
  • Dan beri akses masyarakat untuk bisa mencari pengalaman praktis agar kemampuannya terasah.

3. Reformasi Struktural

Selain itu, agar perekonomian Indonesia lebih siap, pemerintah akan melakukan reformasi struktural dengan cara meningkatkan iklim investasi serta daya saing ekonomi Indonesia. Upaya yang bisa dilakukan pemerintah dalam program ini contohnya adalah percepatan perizinan usaha, penyederhanaan regulasi, hingga melakukan reformasi energi.

4. Perlindungan Sosial dan Penguatan Sektor Rill

Kemudian cara pemerintah dalam menghadapi tantangan ekonomi global adalah dengan melakukan perlindungan sosial. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk membantu masyarakat yang berdampak langsung atas krisis ekonomi. Perlindungan sosial ini contohnya subsidi harga bahan pokok, bantuan langsung tunai, dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat miskin.

Selain itu, ada juga penguatan sektor rill, di mana pemerintah harus fokus pada penguatan sektor tersebut. Contohnya pada bidang manufaktur, pertanian, dan pariwisata. Cara pemerintah untuk menguatkan sektor-sektor tersebut adalah dengan memberikan dukungan insentif. Tujuannya tentu saja untuk mendorong pertumbuhan hingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

5. Melakukan Kerjasama Internasional

Jika ingin bertahan di perekonomian global, pemerintah Indonesia juga perlu melakukan kerjasama dengan negara-negara lain serta lembaga keuangan internasional. Hal ini dilakukan guna untuk memperoleh dukungan, pinjaman, bahkan investasi dengan maksud mendukung perekonomian dalam negeri agar bisa pulih. Untuk sekarang ini, Indonesia sudah melakukan banyak kerjasama dengan negara lain hingga mengikuti forum-forum regional dan global.

6. Mengadakan Pendekatan Berkelanjutan

Kemudian strategi pemerintah agar bisa menghadapi tantangan ekonomi secara global, yaitu berkomitmen untuk mengadakan pendekatan ekonomi berkelanjutan yang bersifat jangka panjang. Salah satu contohnya adalah dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, peningkatan efisiensi publik, perbaikan regulasi, hingga melakukan investasi pada sumber daya manusia.

Semua itu dilakukan dalam jangka panjang dan bermanfaat untuk memperkuat pondasi ekonomi Indonesia. Jika ini diterapkan, nanti bisa tahan dengan berbagai goncangan ekonomi di masa depan. Pemerintah tentu tidak akan lepas tangan dengan situasi perekonomian dunia yang kurang baik.

Untuk itulah, berbagai kebijakan dilakukan agar berbagai tantangan ekonomi global bisa dihadapi Indonesia dengan baik.

You may also like...