Tips Mencuci Baju Anak Agar Tidak Cepat Rusak!

Serba-serbi merawat anak-anak terkadang terkesan cukup melelahkan dan merepotkan. Namun meski begitu, disitulah letak kebahagiaan membesarkan anak. Misalnya dalam hal mengurus keperluan sandang anak-anak, dari memilih baju anak hingga merawat baju tersebut.

Anak-anak berusia 4-10 tahun biasanya masa dimana anak-anak sedang lasak-lasaknya. Apalagi kalau lagi main diluar rumah. Mereka sering tidak memperhatikan kebersihan. Pakaian menjadi kotor, bukan cuma sekedar keringat. Namun noda tanah, pasir dan noda lainnya yang susah dibersihkan pada baju anak-anak. Jangan Cemas,  sebab setiap masalah ada solusinya. Berikut ini tips mencuci baju anak agar awet.

1. Pisahkan Dahulu Baju Berwarna Putih

Baju anak-anak biasanya berwarna-warni. Dan dikhawatirkan warnanya bisa luntur. Maka itu, pisahkan dahulu baju berwarna putih. Karena idealnya, baju berwarna putih harus diperlakukan atau dicuci secara khusus. Mencuci baju berwarna putih biasanya menggunakan pemutih agar tetap terlihat bersih dan segar.

Selain itu pemisahan baju ketika hendak dicuci juga berlaku pada baju yang memiliki noda berat. Seperti disebutkan sebelumnya, aktivitas anak-anak umumnya berisiko membuat bajunya kotor dan harus dibersihkan khusus dari pakaian lainnya. Misalnya harus direndam lebih lama atau dibersihkan dengan bahan lain.

2. Perhatikan Label Pada Baju

Baju anak  biasanya memiliki label yang berisi informasi terkait aturan cara merawat baju tersebut. Misalnya pada pakaian berbahan kain sutra, wol dan lainnya tidak dianjurkan dicuci menggunakan mesin cuci. Disarankan untuk pakaian anak-anak dicuci pakai tangan saja. Pada label baju anak biasanya juga ada informasi pelarangan baju yang tidak boleh menggunakan pemutih saat mencuci dan informasi cara merawat baju.

3. Merendam Baju Hingga 45 Menit

Melakukan perendaman baju dapat membantu proses pencucian baju lebih bersih. Disarankan lakukan perendaman baju anak selama 15 – 45 menit.

Lama durasi perendaman baju tergantung tingkat noda yang menempel pada baju. Jangan lupa mengucek baju agar memastikan noda hilang. Perhatikan juga pada bagian kerah baju, yang biasanya noda berat terdapat disana. Olesi dengan sabun atau deterjen khusus agar lebih bersih.

4. Pilih Deterjen Yang bagus

Proses mencuci pakaian menjadi krusial guna merawat baju anak agar tidak cepat rusak. Maka dari itu dibutuhkan juga deterjen yang bagus. Pilih deterjen yang tidak menyebabkan warna baju luntur dan mampu membersihkan noda pakaian. Pemilihan deterjen yang tepat sangat berpengaruh.

5. Bilas Baju Anak Hingga Tiga Kali

Pada kondisi tertentu. Pakaian harus dibilas hingga tiga kali. Terlebih itu pada baju yang dipakai anak-anak. Terkesan merepotkan memang. Namun mau gimana lagi, sifat anak-anak memang begitu dan membuat baju mereka kotor berat. Bila diperlukan, bilas baju anak-anak sampai kali agar noda yang menempel benar-benar bersih. Untuk baju yang bisa bilas di mesin cuci dapat melakukan pembilasan di mesin cuci.

5. Lakukan Penjemuran Pakaian Dengan Baik Dan Benar

Langkah terakhir dalam mencuci baju anak ialah proses penjemuran. Perlu diperhatikan, menjemur baju bukan sembarang dijemur gitu saja. Sebelumnya jangan lupa untuk meremas baju sebelum dijemur. Sebisa mungkin jangan jemur baju di bawah terik sinar Matahari terlalu lama secara langsung. Itu dapat merusak baju. Menjemur baju hanya perlu menunggu baju benar-benar kering. Tidak perlu terburu-buru menjemur baju dengan cara menjemurnya langsung dibawah terik sinar Matahari.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat baju anak agar tetap awet dan tidak mudah rusak.  Nah bagi Anda yang sedang mencari baju untuk anak-anak dengan berbagai model dan ukuran yang lengkap dapatkan hanya di Blibli. Dengan harga yang terjangkau dan tambahan promo diskon, kunjungi blibli untuk pakaian bagi si buah hati.

tips dan trik