3 Resep-resep Masakan Pepes Tahu

3 Resep-resep Masakan Pepes Tahu

Pepes sendiri adalah salah satu teknik memasak khas Indonesia. Sampai sekarang, masakan tradisional satu ini masih disukai masyarakat. Makanan pepes memang sangat pas untuk dikonsumsi sebagai menu makan siang. Karena rasanya yang gurih dan terdapat aroma daun kemangi yang menyegarkan memang tidak pernah gagal menggugah selera dan memanjakan lidah untuk yang memakannya. Dalam membuat pepes umumnya memakai daun pisang. Untuk isian pepes cukup bervariasi, mulai dari daging ayam hingga tahu atau jamur yang dapat dinikmati untuk para penyuka sayuran. Sementara cara membuat pepes yaitu dengan membungkus bahan makanan yang sudah dipilih memakai daun pisang lalu pepes bisa dimasak dengan cara dikukus atau dibakar. Berikut beberapa resep pepes tahu.

  1. Pepes Bothok

Pertama, bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu, 100 gram udang, 1 bungkus tempe potong dadu, 250 gram kelapa parut, 1 butir telur kocok lepas, 3 pasang hati ayam, gula secukupnya, 5 buah tahu potong dadu, garam secukupnya, dan daun pisang. Kemudian siapkan bumbu halus yaitu 1 cm kunyit, 2 buah cabai merah besar, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit, 3 siung bawang merah, dan 1 cm kencur.

Jika sudah mengumpulkan bahan-bahan tersebut, cara memasaknya yaitu campur semua bumbu halus, garam dan gula. Kemudian, tuang bahan ke daun pisang, lalu bungkus. Terakhir, kukus botok selama 25 menit dan pepes botok pun telah jadi.

  1. Pepes Tahu Telur Asin

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan terlebih dulu, yaitu 500 gram tahu putih dihaluskan, 3 butir telur asin matang, 1 batang serai diiris halus, 1 butir telur, gula, garam, dan kaldu jamur. Kemudian untuk bumbu halus, 3 buah cabai merah keriting, 8 buah cabai rawit domba, 6 butir bawang merah ukuran kecil, 5 siung bawang putih, seruas jahe, 2 ruas kunyit, dan 3 butir kemiri. Bahan tambahannya, daun salam, kemangi, daun pisang, dan batang lidi.

Cara memasaknya, yaitu pertama haluskan tahu, campur dengan bumbu pepes tahu halus, garam, gula, kaldu bubuk, dan aduk rata. Tambahkan 1 butir telur kocok, 1 batang serai yang sudah diiris halus, dan aduk rata. Lalu siapkan daun pisang lalu beri daun salam, masukkan adonan pepes, tambahkan 1 butir telur asin dan kemangi kemudian lipat serta sematkan batang lidi. Kemudian kukus pepes selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah matang tiriskan dan panggang sebentar.

  1. Pepes Dada Ayam Suwir

Bahan-bahan yang harus disiapkan, yaitu 500 gram dada ayam dicuci bersih, 2 batang daun bawang diiris kasar, segenggam cabai rawit, garam, kaldu jamur bubuk, daun pisang dan tusuk gigi. Untuk bumbu halusnya, 6 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 8 cabai merah keriting, 2 cm kunyit, 1 jempol jahe, 2 butir kemiri, 1 batang serai bagian putihnya dipotong, dan 2 lembar daun jeruk purut.

Cara memasaknya, yaitu denngan rebus dada ayam hingga matang dan disuwir. Kemudian campur ayam suwir, daun bawang, garam, kaldu jamur, cabai rawit dan bumbu halus dan aduk rata semuanya. Lalu siapkan daun pisang dan ambil 1 sendok sayur adonan pepes. Setelah itu, letakkan di atas daun pisang, lipat dan tusuk dengan tusuk gigi. Kukus kurang lebih 15 menit dimulai dari air mendidih dan pepes telah jadi.

tips dan trik